Webinar Nasional : Peran Perguruan Tinggi Mendukung Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Webinar yang diadakan oleh mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dilaksanakan melalui media online zoom dan berlangsung kurang lebih 180 menit, dihadiri lebih dari 400 perserta yang diantaranya terdiri dari ASN, Pegawai Pemerintahan, Artis, Akademisi, dan Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,Sabtu (22/7/23).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Iswadi, M.Pd. selaku dosen pengampu mata kuliah Metode Penelitian Webinar yang mengangkat tema “Peran Perguruan Tinggi Mendukung Keketuaan ASEAN Indonesia 2023” disampaikan dengan menarik oleh praktisi yang kompeten dibidangnya yaitu Prod. Erman Anom, Drs., MM., Ph.D selaku Keynote Speaker Kegiatan webinar. Adapun materi pada webinar ini terdiri dari:

• Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Menyukseskan Kepemimpinan Di ASEAN

• Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi (Artificial Intelligence) di Kawasan ASEAN

• Peran Mahasiswa dalam berkomunikasi untuk mewujudkan Area penelitian di masa depan terkait Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Acara webinar tersebut merupakan rangkaian penutup pada mata kuliah metode penelitian program Magister Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul.

Sebagai pembuka, diawali dengan Laporan ketua Panitia oleh Arid Riza Abadi kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul sekaligus Ka Prodi S2 Ilmu Komunikasi Prod. Erman Anom, Drs., MM., Ph.D. sekaligus membuka acara dan dipandu oleh MC Nuthayla yang juga Mahasiswa mata kuliah Metode Penelitian S2 Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul dengan moderator Elvira Inda Sari. Turut serta bertindak selaku dosen pengampu mata kuliah Metode Penelitian Magister Ilmu Komunikasi Dr. Iswadi, M.Pd memberikan sambutan serta menyampaikan kata pengantar sebelum acara webinar dilaksanakan.

Bertindak sebagai pembicara 1, Dr. Hafniati Abdul Hadi M. Kom.I Rektor Institut Agama Islam Al Ghurabaa (IAIA) pada kesempatannya membawakan materi dengan tema “Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Menyukseskan Kepemimpinan Di ASEAN”. Menegaskan bahwa dengan menggunakan strategi yang tepat seperti meningkatkan kolaborasi antar lembaga, menciptakan program pelatihan kepemimpinan, dan mempromosikan pengalaman internasional, perguruan tinggi dapat berhasil mengembangkan kepemimpinan ASEAN di kalangan mahasiswa.

Ketua STMIK YMI Tegal Gunawan, S.E., M.Kom, bertindak sebagai pembicara 2,dalam webinar tersebut dengan tema “Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi (Artificial Intelligence) di Kawasan ASEAN”. Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan bahwa perkembangan teknologi memiliki peluang besar untuk menampilkan kemajuan transformasi digital. Dalam era ini, teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu kekuatan utama yang mendorong perubahan positif di berbagai bidang kehidupan. Dalam penyampaiannya, beliau menabahkan dan menggambarkan dengan jelas seperti apa gambaran, pemanfaatan, serta tantangan penerapan AI dalam mendukung keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Sawaviyya Anandianskha sekaligus bagian dari STMIK YMI Tegal turut mengambil peran yaitu pemateri ketiga dengan tema Peran Mahasiswa dalam berkomunikasi untuk mewujudkan Area penelitian di masa depan terkait Keketuaan ASEAN Indonesia 2023. Diakhir penyampaiannya, Sawaviyya mengajak seluruh mahasiswa untuk memberi sumbangsih inovasi yang relevan dengan sebuah penelitian serta bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi untuk mendukung keketuaan Indonesia ASEAN 2023.

Keseluruhan materi disampaikan dengan menarik oleh pemateri hingga peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat setelah acara berlangsung. Pada akhir sesi, peserta diberikan waktu untuk berdiskusi dan bertanya mengenai tema dan mendapatkan jawabnnya langsung melalui dialog tanya jawab. Dengan adanya webinar ini, diharapkan bisa memahami dan mengetahui hal yang berkaitan dengan Peran Perguruan Tinggi Mendukung Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dan hal bermanfaat lainnya.

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published.