Pengabdian Masyarakat Melalui Program KKN Mahasiswa Institut Agama Islam Al Ghurabaa di Desa Wirajaya

Bogor – Serah terima mahasiswa KKN di Desa Wirajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (7/8/23) menjadi momen penting dalam pelaksanaan program pengabdian masyarakat.

Aula Kantor Desa Wirajaya menjadi saksi perhelatan ini, dengan kepala desa Muhammad Basit,S.IP secara langsung menerima para mahasiswa. Turut hadir Rektor,Wakil rektor,Dekan serta Staff IAI Al Ghurabaa Jakarta.

Institut Agama Islam Al Ghurabaa mengirimkan 22 mahasiswa KKN untuk berkontribusi dalam pengembangan Desa Wirajaya selama 12 hari, mulai dari tanggal 7 hingga 19 Agustus 2023.

Rektor Institut, Dr. Hafniati, M.Kom.I menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi, dimana mahasiswa memiliki kesempatan untuk beradaptasi dengan masyarakat dan belajar dari pengalaman lapangan.

Mahasiswa KKN memiliki jadwal kegiatan yang padat diarahkan oleh kepala desa. Rencananya, mereka akan terlibat dalam proyek RPTRA, menghidupkan kembali area hijau, mengunjungi sekolah setempat, serta mengambil bagian dalam perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Selain itu, mereka juga melaksanakan kegiatan rutin seperti penyuluhan kesehatan, ceramah agama, penjadwalan adzan, gotong royong, senam bersama masyarakat, les calistung, dan berbagai kegiatan lainnya.

Partisipasi mahasiswa dalam program ini bukan hanya menguntungkan masyarakat Desa Wirajaya, tetapi juga memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kehidupan masyarakat pedesaan dan melatih kemampuan beradaptasi.

Diharapkan bahwa kolaborasi ini akan memperkuat hubungan antara perguruan tinggi dan masyarakat serta memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam pengembangan desa.

Share

Add Your Comments

Your email address will not be published.